1
Reviews
0
Helpful votes
0
Comments
0
Questions
0
Answers
New reviewer
Current Badge

LATEST REVIEWS

Rangga Sanjaya
New reviewer 1 reviews, 0 helpful votes
Review of Infinix Hot 2 X510 on
"Infinix X510 Hot 2 Android One: Citarasa Nexus dengan bugdet terbatas."
Saat pertama kali project Android One diperkenalkan oleh Sundar Pichai, gue secara personal sudah cukup tertarik. Melihat Android One semacam Baby Nexus yang menawarkan pengalaman menggunakan pure Android, tanpa custom UI semacam touchwiz-nya Samsung dan Bloatware yang gak berguna cukup membuat gue penasaran. Akhirnya (pada saat itu) gue coba2 membeli Nexian Journey One sebagai salah satu dari 3 model Android One. Tapi ternyata saya cukup kecewa, build quality dan kualitas layar adalah beberapa alasannya, build Qality case seperti terbuat dari plastik murah dan kualitas layar dengan resolusi dibawah HD. hingga pada akhirnya gue mendengar gosip2 akan ada generasi kedua dari Android One yg di Indonesia dirilis oleh pabrikan Infinix bernama Infinix X510 Hot 2. kira2 apakah perbaikan dari seri sebelumnya cukup membuat gue tertarik kembali dengan Android One?

Infinix sebagai pemain baru di Indonesia menurut gue cukup melakukan tugasnya dengan baik. sekilas aja mengenai Infinix, brand ini baru dikenal di Indonesia, sebelumnya Infinix sudah cukup populer di Afrika hingga banyak yang menyangka Infinix berasal dari Afrika, tapi sebenarnya Infinix adalah Brand Hongkong. keunggulan Infinix menurut gue adalah build quality yang baik, disertai dengan harga yang terjangkau. rilisan Infinix sebelumnya (Infinix Hot note & Infinix Zero 2) menawarkan hal2 yang gue sebutkan diatas, Body carbon kevlar (untuk Infinix Zero 2) dengan harga sekitar 2,5 juta pastinya dapat membuat orang2 tertarik dan menjadikan Infinix sebagai pilihan Smartphone mereka.

Ternyata, Infinix bekerja sama dengan Google dalam project Android One generasi kedua ini. yang hasilnya adalah Infinix X510 Hot 2.dan berikut adalah spesifikasi tertulis dari Infinix X510 Hot 2:

Operating System: Android One, v5.1 (Lollipop)
Kamera: 8MP Back Camera, 2MP Front facing camera
Layar: 5" HD 720p Memory: 2GB RAM, 16GB Internal Memory,
expandable to 32GB with microSD Battery: 2200mAh Battery
CPU: Quad Core 1.3 GHz Other Features: Bluetooth, Wi-Fi

engan kerjasama Infinix dan Google ini, terjadilah kombinasi build quality yang cukup baik, harga yang murah dari Infinix dan OS dengan dukungan langsung dari google. jadi, kira2 gimana dengan Infinix X510 Hot 2 ini ? gue udah memakai Smartphone ini kira2 seminggu, dan gue cukup senang memakainya, dan keunggulannya antara lain adalah:

Layar 5" HD 720p

Merupakan salah satu fitur yang membuat gue tertarik di Smartphone ini, layar 5" 720p, dengan resolusi 1280 x 720 tentu saja membuat gue lebih nyaman dalam browsing, membaca, menonton film atau main game dan hal apapun yang terkait dengan melihat layar. ini merupakan perkembangan yang cukup signifikan daripada Android one gnerasi pertama.

Kamera Belakang 8 MP & depan 2 MP

Kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP jadi andalan buat infinix X510 Hot 2. dengan kamera depan resolusi 8 MP dan juga dilengkapi dengan autofokus dan LED Flash cukup bisa dijadikan andalan untuk kebutuhan sehari-hari. foto yang dihasilkan cukup bagus dan mampu menghasilkan video dengan kualitas HD. untuk kamera depan dengan 2 MP, yah masih ok untuk selfie2an sama pacar :D

OS Android Paling Terkini

Android one bisa dibilang juga (atau gue menyebutnya) sebagai Baby Nexus. karena pengalaman yang ditawarkan cukup mirip, User experience yang ditawarkan pun sama persis. perbedaan yang baru gue tau adalah ternyata Android one tidak mendapat update secepat Nexus. (pada saat tulisan ini dibuat, update Android 6.0 Marshmallow sudah keluar utk line-up Nexus, sedangkan Android One belum mendapat update), Nexus juga menjadi line-up premium untuk Android (dengan dirilisnya Nexus 5X & 6P) Google juga menawarkan Support Update hingga 2 tahun ke depan untuk Android one ini, lumayan deh masih kebagian sampe Android O, (and i bet this one called Oreo, ada yang mau taruhan? :D)

Desain yang menarik dan kokoh

Sekilas diliat, Smartphone ini mengingatkan / ada banyak kemiripan dengan line-up Xperia dari Sony. yang mengedepankan desain khas Slate / Monolith ke dalam desain produknya. kaca di bagian belakang juga menambah kesan premium ( walaupun sebenernya gak termasuk kelas premium dilihat dari harganya :D ) di Smartphone ini. Build Quality juga cukup kokoh, masih enak dipegang dengan satu tangan.

Prosesor Quad-core, Memory Lapang & batre yang awet seharian

Salah satu masalah yang cukup penting adalah prosesor, ukuran RAM dan memory internal, biasanya Smartphone dibawah 1,5 jutaan masih menggunakan prosesor dual-core, RAM 1 GB dan memory internal 8 GB dan itu tentu saja berpengaruh ke performa secara keseluruhan, tapi Infinix X510 Hot 2 dilengkapi dengan Prosesor Quad-core 1,3 Mhz, RAM 2 GB dan Memory internal 16 GB, yang bahkan masih bisa ditambah dengan memory eksternal sampai 32 GB dengan micro SD. dan menurut gue ini menjadi nilai utama. oh ya, batre dengan kapasitas 2200 mAh bisa awet seharian. gue coba dengan pemakaian dari jam 9 pagi (dengan pemakaian aktif Chat, social media, youtube dan sedikit main game) baru habis di jam 8.50 besoknya. dan denger2 infinix mau merilis batre dengan kapasitas lebih besar di 3000 mAh sebagai aksesoris tambahan.

Dengan segala kelebihannya, pasti juga ada kekurangannya. yup, so far gue menemukan 2 kekurangan di Infinix X510 Hot 2 ini. yang pertama adalah no 4G LTE support. yup, Smartphone ini hanya support koneksi 3G di kedua slot SIM Card-nya, walapun untuk sekarang mungkin belum berpengaruh banyak, tapi sedikit disayangkan karena belakangan operator telco mulai gencar mengeluarkan layanan 4G-nya. dan yang kedua, adalah no Gyroscope sensor. ini bisa dibilang ga terlalu penting sih hahaha..tapi ternyata berpengaruh ketika gue nyobain main Virtual Reality pake Google Cardboard. dengan tidak hadirnya Gyroscope Sensor membuat Virtual reality tidak berfungsi bagaimana semestinya.

Overall, gue cukup puas dengan Infinix X510 Hot 2 ini. semacam too good to be true dari perbandingan apa yang gue dapetin dibanding sama uang yang harus gue keluarkan, so far gue masih pake Infinix X510 Hot 2 ini sebagai daily driver gue. walaupun masi ada kekurangannya tapi menurut gue semua itu tertutup dengan kelebihan-kelebihannya. dan sekali lagi gue menyatakan: Puas!
0